Pada hari Jumat, 12 Januari 2023 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang diterima kunjungannya oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok. Kunjungan ini dilaksanakan dengan tujuan benchmarking kondisi lapangan di Thailand dan dihadiri oleh tiga dosen dan 43 mahasiswa S2.
Pada kesempatan tersebut, Atdikbud KBRI Bangkok, Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D. menyampaikan materi mengenai pendidikan dasar di Thailand. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi. Para mahasiswa sangat aktif bertanya mengenai kegiatan pariwisata yang ada di Thailand dan bagaimana mekanisme pariwisata di Thailand yang begitu maju serta kebijakan-kebijakan yang di terapkan oleh pemerintah negara Thailand, sehingga dapat diterapkan dalam manajemen Pariwisata ketika kembali ke Indonesia.
Para peserta kegiatan International Benchmark KKL 2024 Program Pascasarjana S2 Manajemen STIEPARI Semarang Angkatan XXXIII dan XXXIV dengan mengenakan pakaian adat dapat menjadi cara untuk melestarikan dan memperkenalkan elemen-elemen budaya yang mungkin terancam punah atau terlupakan. Menarik perhatian wisatawan internasional. Pakaian adat dapat menjadi daya tarik wisata budaya yang unik, memberikan pengalaman berbeda kepada wisatawan dan sekaligus mendukung ekonomi lokal. Menggunakan pakaian adat sebagai sarana diplomasi budaya. Dalam acara-acara internasional, pengenalan pakaian adat dapat menjadi cara yang efektif untuk berbagi budaya dan membangun hubungan antar-negara.
Selain itu juga diadakan kunjungan di Huawchew Chalermprakiet University (HCU) Thailand. Kegiatan yang dilakukan untuk membandingkan dan memahami berbagai aspek yang terkait dengan manajemen, kurikulum, fasilitas, dan berbagai elemen lainnya antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya.
Hasil dari diskusi ini diharapkan dapat dijadikan suatu karya Ilmiah yang dapat diterapkan dan bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa yang telah mengunjungi KBRI Bangkok dan studi banding tersebut sebagai dasar inovasi dan pembelajaran untuk pariwisata Indonesia yang lebih maju.
Tujuan umum penelitian lapangan destinasi wisata terkait dengan topik khusus dalam bidang ekonomi, manajemen, strategi pemasaran lokal dan perilaku konsumen di lingkungan bisnis pariwisata Thailand. Tujuan khusus KKL ini dirancang untuk memberikan mahasiswa pengalaman praktis yang relevan dengan bidang studi mereka serta untuk memperluas wawasan dan pemahaman mereka terhadap konteks bisnis atau kebijakan ditingkat internasional.