Kamis, 06 Oktober 2022, WIB

Senin, 19 Sep 2022, 17:15:35 WIB, 96 View Kemahasiswaan STIEPARI, Kategori : Kemahasiswaan

PROGRAM PENGUATAN KAPASITAS ORGANISASI KEMAHASISWAAN 2022

Badan Eksekutif Mahasiswa, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia STIEPARI-Semarang

 

Program Penguatan Kapasitas Kemahasiswaan (PPK ORMAWA 2022), yang diikuti oleh ormawa BEM STIEPARI Semarang, merupakan salah satu program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh kemahasiswaan. Tujuan dari program PPK ORMAWA dari BEM STIEPARI Semarang ini sendiri adalah untuk membantu masyarakat di desa wisata Branjang dalam mendesain program pengembangan kawasan konservasi tanaman obat berbasis biodiversitas, dengan membentuk kelompok kerja dan melaksanakan konservasi dengan membudidayakan tanaman obat langkah yang akan dijadikan sebagai pusat edukasi yang dikemas dalam paket wisata edukasi. Berikut adalah sajian tentang tanaman obat keluarga (TOGA).

 

TANAMAN OBAT KELUARGA, DESA WISATA BRANJANG

Tanaman obat keluarga menurut Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat, menjelaskan bahwa pada hakekatnya merupakan jenis tanaman yang memiliki khasiat dan dapat dimanfaatkan sebagi bahan obat-obatan. Pelestarian tanaman obat keluarga dilakukan dengan memanfaatkan lahan pekarangan dan dikelola oleh keluarga. Pemanfaatan tanaman obat keluarga ini menjadi sebuah solusi alternatif bagi masyarakat lokal dalam pengobatan yang dilakukan secara tradisional.

Pemanfaatan tanaman obat keluarga sendiri jika dikaitkan dengan peran masyarakat lokal, maka merupakan wujud nyata partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan dan pengobatan dengan teknik dan cara yang sederhana dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang juga diproduksi sendiri.

Dalam pelestarian tanaman obat keluarga, desa wisata Branjang memiliki potensi yang besar karena letaknya yang strategis, yaitu berada di lereng gunung Ungaran. Memiliki kondisi tanah yang subur dengan sifat humus, sedikit bebatuan serta ketersediaan air yang cukup menjadikannya sebagai desa yang kaya akan tanaman herbal. Pelestarian tanaman herbal di desa wisata Branjang tidak hanya dilakukan sebatas dipekarangan rumah tetapi juga dengan memanfaatkan lahan warga untuk mengadakan taman yang dikhususkan untuk budidaya dan penanaman tanaman obat.

Berbagai jenis tanaman obat yang dapat di temukan pada setiap kawasan budidaya di desa wisata Branjang adalah sebagai berikut :

  1. BANGLE (ZINGIBER CASSUMUNAR ROXB)

Sumber.SehatQ.com

 

Bangle merupakan tanaman herbal yang khasiatnya sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia secara turun temurun. Di Indonesia, bangle sering digunakan untuk mengobati radang sendi. 

manfaat dari konsumsi bangle antara lain:

Sebagai campuran dalam minyak atsiri, Bersifat antiradang, Sebagai pelindung dari sinar UV, Sebagai penekan kerusakan hati, Sebagai antikanker dan imunistimulan.

  1. BOUGENVILLE (BOUGAINVILLEA GLABRA)

Manfaat Bunga Bougenvil Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Yang Ke-7 Harus Kamu Coba

Sumber. Tribuntravel

 

Bougenvil atau yang lebih sering disebut dengan bunga kertas merupakan salah satu tanaman herbal sekaligus tanaman hias dengan warna-warni yang cerah dan indah. Sebagai tanaman herbal bougenvil juga memiliki banyak senyawa yang terkandung didalamnya yang bermanfaat bagi tubuh manusia, diantaranya: Tannin, Pinitol, Alkaloid, Betasianin, Flavonoid, Asam oksalat (bagian daun), Fenolik, Glikosida, Antrakuinon, Terpenoid, Saponin, Steroid, Minyak esensial, Lemak, Protein

Selanjutnya manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi bougenvil bagi kesehatan a/l:

Sebagai obat batuk, Menurunkan demam, Meningkatkan system pernapasan, Menyeimbangkan system pencernaan, Membantu meningkatkan tekanan darah, Membantu menyembuhkan radang teggorokan, Membantu mengoptimalkan fungsi liver

  1. BROTOWALI (TINOSPORA CORDIFOLIA)

8 Manfaat Brotowali bagi Kesehatan, dari Mengatasi Demam hingga Diabetes - Alodokter

Sumber. Alodokter

 

Brotowali merupakan tanaman yang sering digunakan untuk membuat jamu. Walaupun rasanya pahit, brotowali mempunyai banyak khasiat bagi tubuh. berbagai kandungan yang ada pada brotowali, a/l:

Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin c, Fosfor, Kalium, Mangan, Kalsium, Zinc, Zat besi, Tembaga, Flavonoid, Alkaloid, Glikosida, Tannin, Steroid, Terpenoid. 

Dari kandungan tersebut diatas, berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi brotowali bagi kesehatan tubuh a/l: Meningkatkan daya tahan tubuh, Meredahkan peradangan, Membasmi bakteri dan jamur penyebab infeksi, Memelihara kesehatan tulang, Membantu mengobati hipertensi. 

  1. CINCAU (CYCLEA BARBATA MIERS)

Sumber.Doktersehat.com

 

Cincau merupakan tanaman rambat yang biasanya digunakan untuk membuat agar-agar atau jelly yang biasanya di sebut Cincau di Indonesia. Cincau memiliki banyak kandungan nutrisi yang berkhasiat bagi tubuh, diantaranya: 

Alkaloid, Kalsium, Cardioplegicum, Fosfos, Flavonoid, Fenol, Polofenol, Protein, Karbohidrat, Saponin, Tentratid, Vitamin A dan B dan Bisbenzilsokuinolin Klorofil.

Selanjutnya manfaat dari cincau bagi kesehatan tubuh ialah:

Mengatasi sakit perut dan diare, Mengobati sembelit dan mulas, Mengatasi maag, Mempercepat gerakan usus, Mengobati demam, Antimalaria, Antibiotic, Bagus untuk diet. Kandungan karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, dan C, kandungan tinggi air, serat serat rendah kalori dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. DAUN DELINGO (ACORUS CALAMUS)

Sumber.Sehatdarah.com

 

Dlingo merupakan tanaman berbatang lunak dengan aroma wangi yang kuat dan khas. Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Kandungan yang terdapat pada dlingo ialah: Monoterpene, Seskuiterpen, Fenilpropanoid, Flavonoid, Kuinin, Alpha, dan Beta-asaron

Selanjutnya manfaat yang diperoleh tubuh ketika mengonsumsi dlingo diantaranya: Mengobati malaria, Mencegah kanker, Mengobati demam, Menjaga keseimbangan hormone, Obat penenang, Mengatasi gangguan saraf, Meningkatkan metabolism, Mengatasi gangguan pencernaan, Mengatasi sakit kepala atau migrain, dan Membantu gejala radang sendi, asam urat dan rematik.

  1. DAUN KATUK (SAUROPUS ANDROGYNOUS)

Sumber. Fitriani gozel

 

Di Indonesia daun katuk dapat dikonsumsi dengan diolah langsung sebagai bahan masakan, atau di konsumsi sebagai lalapan maupun dijadikan sebagai teh herbal dan suplemen. Kandungan yang ada didalam daun katuk adalah: Protein, Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, Fosfor, selain itu terdapat kandungan zat antioksidan seperti polifenol dan flavonoid.

Selanjutnya berbagai manfaat dari konsumsi daun katuk bagi kesehatan dapat diuraikan sebagai berikut: Meningkatkan produksi ASI, Mencegah obesitas, Mengatasi peradangan, Mencegah infeksi bakteri tertentu, Menurunkan gula darah.

  1. GINSENG (PANAX)

Inilah Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh - Alodokter

Sumber.Alodokter

 

Ginseng merupakan tanaman herbal yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Menurut Alodokter.com terdapat dua jenis ginseng diantaranya ginseng Amerika (Panax Quinquefolius), dan ginseng Korea (Panax Ginseng). Pada kedua ginseng tersebut terdapat senyawa aktif yang disebut dengan ginsenosides yang mengandung antiradang, antikanker, dan antioksidan. 

Selanjutnya dari kandungan ginseng tersebut, manfaat yang dapat diperoleh bagi kesehatan a/l:

  • Ginseng Amerika Mencegah flu dan pilek, Menurunkan kadar gula darah, dan Mengurangi peradangan

  • Ginseng Korea Mengatasi gangguan ereksi, Memelihara fungsi otak, Mengobati penyakit paru-paru, dan Meningkatkan daya tahan tubuh

  1. JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR RUBRUM RHIZOMA)

Sumber.Khasiat sehat

 

Kandungan yang terdapat pada jahe merah a/l:

  • Phenolic, merupakan kandungan yang baik bagi kesehatan yang dapat membantu melancarkan system pencernaan.

  • Minyak Atsiri

  • Zingeron, kandungan zingeron bermanfaat untuk mencegah terjadi inflamasi usus.  

  • Gingerol, zat gingerol pada jahe merah dapat menghangatkan tubuh. 

Manfaat dari jahe merah bagi kesehatan a/l: Mengobati sakit kepala, Mencegah inflamasi usus, Memperkuat kekebalan tubuh, Mengobati batuk, Menurunkan berat badan, dan Menjaga kondisi jantung

  1. JAHE BIASA/JAHE PUTIH (ZINGIBER OFFICINALE)

Sumber. Newengland.com

 

Kandungan yang terapat pada jahe putih adalah sebagai berikut: Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral, Air, Minyak atsiri, Oleorosin, Gingerol, Senyawa fenolik, Antioksidan 

Selanjutnya, manfaat jahe putih a/l: Membantu memerangi infeksi. Meningkatkan fungsi otak dan melindungi terhadap penyakit alzheimer.  Membantu mencegah kanker. Menenangkan otot yang sakit.

  1. JERUK NIPIS (CITRUS X AURANTIIFOLIA)

Sumber.Hellosehat,2021

 

Jeruk nipis sering dijadikan sebagai pelengkap pada yang dapat menambah cita rasa pada berbagai jenis masakan. Namun, disamping itu jeruk nipis memiliki banyak masfaat terhadap kesehatan tubuh manusia. Kandungan pada jeruk nipis ialah sebagai berikut: 

  • Makronutrein a/l Energi 44 kalori, Protein 0,5 gram, Lemak 0,2 gram, Karbohidrat 10,0 gram, Serat 0,4 gram, Abu 0,4 gram 

  • Mineral a/l Kalsium 18 miligram, Fosfos 22 miligram, Besi 0,2 miligram, Natrium 3 miligram, Kalium 108,9 miligram, Tembaga 0,06 miligram, Seng 0,1 miligram

  • Vitamin dan antioksidan a/l Beta-karoten 23 mikrogram, Karoten total 4 mikrogram, Thiamin (vit.b1) 0,01 mikrogram, Riboflavin (vit.b2) 0,03 mikrogram, Niasin 0.2 mikrogram, Vitamin c 20 mikrogram

Selanjutnya adalah manfaat dari mengonsumsi jeruk nipis bagi kesehatan a/l: Meremajakan kulit. Melancarkan pencernaan. Meningkatkan system kekebalan tubuh. Membantu menurunkan berat badan. Mencegah rambut rontok dan ketombe. 

  1. KAPULAGA (ELETTARIA CARDAMOMUM)

Inilah 6 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh - Alodokter

Sumber. Alodokter

 

Kapulaga adalah salah satu rempah pada masakan nusantara yang juga memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh. Didalam kapulaga terdapat kandungan senyawa diantara: Antioksidan, Magnesium, Zink, Mangan, Kalsium, Kalium

selanjutnya manfaat dari konsumsi kapulaga bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut: Membantu menurunkan tekanan darah, Menjaga keehatan hati, Membantu masalah pencernaan, Mengatasi masalah bau mulut dan gigi berlubang, Mengobati infeksi bakteri 

  1. KENCUR (KAEMPFERIS GALANGA)

Sumber. Dailysia.com

 

Tanaman kencur masih termasuk satu keluarga dengan jahe, lengkuas serta kunyit. Berbagai kandungan yang terdapat dalam tanaman kencur adalah sebagai berikut: Pati, Mineral, Sineol, Asam metal kanil dan penta dekaan, Asam sinamat, Etil ester, Birneol, Kamphene, Paraeumarin, Asam anisat, Alkaloid, dan Gom. 

Selanjutnya manfaat dari kencur dapat dijelaskan sebagai berikut : Membantu menurunkan tekanan darah, Membantu meredahkan peradangan dan nyeri, Mencegah munculnya sel kanker, Mengobati batuk, Menghilangkan stress, Mengobati diare, Mencegah karies gigi

  1. KUMIS KUCING (ORTHOSIPHON ARISTATUS)

Sumber. alodokter,2022

 

Kumis kucing merupakan tanaman herbal yang lebih sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Khasiat dari tanaman ini adalah sebagai antiradang, antioksidan, antibakteri dan antidiabetes. selain itu juga mengandung Flavonoid, Triterpenoid, Fenolik, Sinensetin, Eupatorine, Glikosida, dan Saponin

Selanjutnya manfaat dari konsumsi kumis kucing bagi kesehatan dapat diuraikan sebagai berikut: Mengobati asam urat, Menurunkan tekanan darah, Megatasi rematik, Menjaga kesehatan jantung, Anti jamur, Mengurangii gatal akibat alergi. 

  1. KUNYIT PUTIH (CURCUMA ZEDOARIA)

Sumber.Alodokter.com

 

Setiap bagian dari kunyit putih mulai dari batang hingga akar sangat bermanfaat sebagai obat. kandungan yang terdapat pada kunyit putih adalah sebagai berikut: Antioksidan, Antikanker, Antiradang, Antinyeri, Antialergi dan Antimikroba

Dari kandungan tersebut manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi kunyit putih bagi tubuh adalah: Menurunkan kadar kolelstrol jahat dan trigliserida, Mencegah gigitan nyamuk, Menurunkan demam, Melindungi tubuh dari stress oksidatif, Menurunkan risiko penyakit kanker dan tumor, Mengatasi gangguan pencernaan, Mengatasi radang sendi, Mengatasi alergi makanan, dan Mengatasi gangguan asma

  1. KUNYIT BIASA (CURCUMA LONGA LINN)

 

Sumber. Alodokter.com

 

Kunyit merupakan tanaman yang sering dijadikan sebagai pelengkap masakan baik terhadap rasa maupun warna masakan. kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya sebagai berikut: Kurkumin, Sesmetoksikumin, Bisdesmetoksikurkumin, Resim, Pati, Akrbohidrat, Protein, Selulosa, Lemak, Vitamin C, Antioksidan, Zat Pahit, Zat Besi, Fosfos, Kalsium, dan Minyak Atsiri 

Dari kandungan tersebut manfaat yang dapat diperoleh bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut: Mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis, Mencegah penyakit jantung, Meredahkan rasa gatal pada kulit, dan Meringankan gangguan menstruasi. 

  1. LENGKUAS (ALPINIA OFFICINARUM)

Inilah 5 Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan - Alodokter

Sumber.Alodokter

 

Lengkuas adalah tanaman yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan yang mampu menyedapkan rasa masakan. Selain sebagai bumbu masakan, ternyata lengkuas memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. kandungan senyawa yang ada pada lengkuas terdiri dari galangin, asam felonik, polifenol dan flavonoid. 

Selanjutnya manfaat dari konsumsi lengkuas dapat diuraikan sebagai berikut: Meredahkan batuk, sakit tenggorokan dan suara serak, Membantu meringankan gejala asma, Meredahkan peradangan dan nyeri, Mengurangi risiko tumor dan kanker, Mencegah infeksi, dan Mengobati diare 

  1. LIDAH BUAYA (ALOE VERA)  

Sumber.Nitty.grittylife.com

 

Lidah buaya atau Aloe Vera merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat baik kesehatan maupun kecantikan. berbagai kandungan yang dapat ditemukan pada aloe vera a/l: Kalsium, Magnesium, Fosfor, Zat besi, Natrium, Zinc, Folat, Antioksidan, Vitamin A, B, C dan E, dan Enzim dan asam amino esensial

Selanjutnya manfaat dari aloe vera dapat diuraikan sebagai berikut :  Melembabkan kulit, Mengatasi masalah kulit, Menutrisi rambut, Mengobati luka bakar, dan Mengatasi masalah pencernaan. 

  1. PANDAN (PANDANUS ODORATISSIMUS)

Sumber. babe.news

 

Pandan termasuk salah tanaman herbal yang lebih banyak digunakan sebagai bumbu untuk berbagai hidangan. Walau demikian tidak banyak yang mengetahui bahwa pandan memiliki sumber serat, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah kandungan yang terdapat pada pandan, a/l: Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin C, Karotenoid, zat antioksidan, isoflavone, alkaloid, glikosida, dan fenolik. 

Selanjutnya manfaat dari mengonsumsi pandan bagi kesehatan dapat diuraikan sebagai berikut: Menjaga fungsi penglihatan,  Mebantu menurunkan gula darah, Membantu pengobatan kanker, Menetralkan racun dalam tubuh, danMenjaga kesehatan mulut dan gigi. 

  1. PARE (MOMORDICA CHARANTIA)

Sumber.Katadata.com

 

Tanaman yang dikenal dengan rasa pahitnya ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya dijadikan sebagai bahan makanan, pare juga dikenal sebagai tanaman herbal. kandungan yang terdapat pada pare adalah makronutrisi dan vitamin, diantaranya: Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B9, Kalium, Kalsium, Zinc, Magnesium, Folat, Zat Besi, Antioksidan dan Fenol Falvonoid

Selanjutnya beragam manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi pare bagi kesehatan ialamengendalikan kadar gula darah menurunkan kadar kolestrol, menghambat pertumbuhan sel kanker, menghambat penyebaran infeksi virus, menjaga berat badan tetap ideal, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, meredahkan asma dan gangguan pernapasan dan mengobati masalah kulit. 

  1. SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM)

Waspadai Efek Samping Daun Salam di Balik Manfaatnya yang Berlimpah - Alodokter

Sumber.Alodokter

 

Seperti halnya tumbuhan lain, selain dijadikan sebagai bahan penyedap masakan daun salam juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. kandungan yang terdapat pada daun salam diantaranya: Vitamin B2, Vitamin b3, Vitamin c, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid,  dan Flavonoid

Selanjutnya manfaat dari mengonsumsi daun salam bagi kesehatan, a/l: Menurunkan gula darah dan kolestrol, Mencegah batu ginjal, Mencegah kanker. 

  1. SEREH (CYMBOPOGON CITRATUS)

Sumber.alodokter,2019

 

Sereh atau serai merupakan salah satu rempah yang sering digunakan pada masakan khas Indonesia untuk menambah cita rasa. kandungan gizi yang terdapat pada serai adalah sebagai berikut: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B9 (folat), Mineral, Magnesium, Zat besi, Kalium, Fosfor dan Kalsium

Berikut adalah manfaat dari konsumsi serai bagi kesehatan menurut, a/l: Menangkal penyakit, Detoksifikasi, Mengatasi gigi berlubang, Mengontrol tekanan darah dari kandungan mineral yaitu kalium dan Mengatasi kecemasan. Minyak sereh dapat dijadikan sebagai aromaterapi yang dapat membantu mengatasi kecemasan

  1. SIRIH (PIPER BETLE)

Sumber.Kementerian Kesehatan

 

Daun sirih sudah dikenal sebagai salah satu obat herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. kandungan yang terdapat pada daun sirih diantaranya: Protein, Iodium, Sodium, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Asam Nikotinat, Flavonoi, Fenol, Tannin, Saponin, Polifenolat, dan Minyak Atsiri

Selanjutnya manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi daun sirih, ialah sebagai berikut: Menyehatkan saluran pencernaan. Menyembuhkan luka. Menjaga kesehatan mulut dan gigi. Mencegah infeksi karena bakteri. Mencegah kadar gula dalam darah meningkat. Penangkal kanker. 

  1. SIRSAK (ANNONA MURICATA)

Sumber.Alodokter.com


 

Buah Sirsak tidak hanya dikonsumsi secara langsung. Rasa manis dan lembut dari buah sirsak sangat disukai banyak orang sehingga sering dijadikan jus, pudding atau bahan campuran es buah. Mulai dari daging, batang, akar serta daun dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. kandungan nutrisi pada satu buah sirsak atau pada 200 gram buah sirsak adalah sekitar 110-130 kalori dan nutrisi diantaranya: Karbohidrat, Serat, Vitamin C, Vitamin B, Kalium, Magnesium, Kalsium, Zat Besi, Folat, Zinc dan Antioksidan

Selanjutnya manfaat dari buah sirsak bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut: Meningkat daya tahan tubuh. Meredahkan peradangan. Melancarkan pencernaan. Melawan infeksi. Mencegah pertumbuhan sel kanker. 

  1. SRIKAYA (ANNONA SQUAMOSA)

Sumber.Alodokter.com

 

Srikaya merupakan tanaman yang hidup pada daerah tropis dan subtropics, salah satunya seperti Indonesia. Ekstrak dari srikaya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan makanan, kosmetik maupun pengobatan herbal. Kandungan nutrisi yang terdapat pada satu buah srikaya yaitu sekitar 60-100, diantaranya: Karbohidrat, Protein, Serat, Vitamin C, Vitamin B, Kalsium, Magnesium, Kalium, Fosfor, Zat Besi dan Polifenol

Manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi srikaya bagi kesehatan diantaranya: Menjaga kesehatan system pencernaan. Meningkatkan daya tahan tubuh. Mencegah penyakit kardiovaskular. Menjaga gula darah agar tetap stabil. Membasmi kutu rambut dan kotembe. Menurunkan tekanan darah 

  1. TAPAK LIMAN (ELEPHANTOPUS SCABER)

6 Manfaat Daun Tapak Liman dan Efek Sampingnya

Sumber.Sehatq.com

 

Tapak liman merupakan salah satu tanaman herbal yang tidak banyak diketahui orang, karena dianggap sebagai tumbuhan liar. Namun kenyataanya tapak liman merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki kandungan bioaktif, a/l: Lipid, Senyawa fitokimia, Pharmaceutics, Pigment, Ethyl-9, 12-octadecadienoate, Ethyl-(Z)-9-octadecadienoate, Lupeol, Stigmasterol, Glucoside, Deoxyelephantopin, Sesquiterpene lactones, Triterpenoids, Steroids, dan Flavonoid

Selanjutnya manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi tapak liman adalah sebagai berikut: Sebagai agen anti kanker. Sebagai agen diabetes. Sebagai antimikroba. Sebagai agen antiseptik. Sebagai agen anti hepatotoksik. Mengatasi diare. 

Di Indonesia sendiri tapak liman dipercaya dapat mengatasi masalah keputihan dan anemia pada wanita.

  1. TEMU LAWAK (CURCUMA ZANTHORRHIZA)

Sumber.Rawya.Pinterest

 

Temu lawak merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia diantaranya: 79,96% karbohidrat, 0,80% serat, 1,52 protein, 1,35% lemak, 15 mg/kg kurkumin, 11,45 mg/kg kalium, dan 19,07 mg/kg kalsium

Selanjutnya untuk manfaat dari temu lawak sebagai berikut: Mengatasi masalah pencernaan. Osteoarthritis. Temu lawak berfungsi untuk mengurangi peradangan pada tubuh. Meningkatkan antioksidan tubuh. Menyembukan Uveitis. Mencegah infeksi bakteri virus. 


 



Kamis, 07 Jan 2021 TAHUN BARU 2021


Tuliskan Komentar